Pejabat Pemkot Pangkalpinang Gelar Rapat Koordinasi Virtual Bersama Mendagri
Rapat Koordinasi Virtual

By Ahmad Ramadhan 17 Mar 2024, 03:28:55 WIB nasional
Pejabat Pemkot Pangkalpinang Gelar Rapat Koordinasi Virtual Bersama Mendagri

Keterangan Gambar : Ilustrasi Gambar Pejabat Pemkot Pangkalpinang Gelar Rapat Koordinasi Virtual Bersama Mendagri.


Bangka News,Pangkal Pinang - Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan beserta jajaran pejabat terkait mengikuti rapat koordinasi secara virtual yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk mengendalikan inflasi daerah.

Rapat tersebut dilaksanakan melalui platform Smart Room Center (SRC) di Kantor Wali Kota Pangkalpinang pada Rabu, (13/3/2024).

Tinjauan Inflasi dan Upaya Pengendalian

Pada rapat tersebut, Deputi Badan Pusat Statistik (BPS) Pudji Ismartini menyampaikan tinjauan mengenai inflasi dan indeks perkembangan harga pada Minggu pertama Maret 2024.

Baca Lainnya :

Beliau menyoroti kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebagai penyumbang inflasi terbesar, baik secara bulanan maupun tahunan, dengan adanya fluktuasi perkembangan yang signifikan.

Peran Pemkot Pangkalpinang dalam Menghadapi Inflasi

"Dalam bulan Februari 2024, kelompok ini mengalami inflasi sebesar 1 persen dengan andil sebesar 0,29 persen, yang merupakan kontribusi terbesar dibanding kelompok lain.

Beberapa komoditas yang menjadi penyumbang inflasi dominan antara lain beras, cabai merah, telur ayam ras, daging ayam ras, dan minyak goreng," jelas Pudji.

Sementara itu, beberapa komoditas seperti bawang merah, tomat, dan cabai rawit justru menyumbang andil deflasi. Di Kota Pangkalpinang sendiri, angka inflasi pada bulan Februari 2024 mencapai 2,42 persen.

Pemkot Pangkalpinang

Untuk mengatasi hal ini, Pemkot Pangkalpinang berusaha melakukan operasi pasar, gerakan pangan murah, dan inspeksi mendadak terhadap stok bahan pokok guna menjaga stabilitas harga dan pasokan.

Dengan kerja sama antara pemkot dan instansi terkait, diharapkan upaya pengendalian inflasi dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat Pangkalpinang.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Pilihan Redaksi